Saturday 17 December 2011

Tips Semangat Ngerjain Tugas Ala Gue!

Ga usah munafik kalo tugas itu paling asik kalo ditunda dan dikerjain tepat satu malem sebelum dikumpulin #curhat. Saya tipe manusia dadakan, yang kalo ngerjain tugas itu malah beberapa jam sebelum deadline. Tahukah kamu mengapa? Soalnya kalo ngerjain tugas dadakan itu otak aku yang ajaib dan sejenius Einstein *jungkirbalik* lebih berfungsi dengan baik dan efektif. Tugasnya suka terasa PERFEKTO DESPERADO! Kalo ngerjainnya ga dadakan malah suka ngerasa jelek. Cuma satu efek jelek dari sistem ini, yaitu adalaaaaah badan cape gara-gara diajak begadang #mahasiswabanget.


Tapi ada yang berubah hari ini. Aku dengan niat yang tulus dan bulat sebulat kue klepon mau nyicil ngerjain tugas. Entah kesambet apa tadi malem, mungkin karena tidur ga pake selimut, bukannya masuk angin malah masuk Thomas Alfa Edison.


Langkah pertama adalah MANDI! Jangan pergi kemana-mana selain ke kamar mandi! Ini serius! Kalo pergi ke dapur dulu yang ada malah jadi ngambil sarapan dan makan depan tv pake gaya tukang becak. Dan akan terus nonton tv sampe mata klenger! Itu sih gue hehe kaga tau juga kalo Anda-Anda. Mama sampe bingung dan bilang `mau ke mana vi bawa anduk?`. Hmmm mamahku tercinta untung tadi ga aku jawab mau nari striptease pake anduk di garasi. Mandi yang lengkap, jangan cuma sikat gigi sama cuci muka doang. Mandilah seperti abis berenang di lautan lumpur tempat babi-babi pink pada mandi. Pake sabun, shampoo, pasta gigi yang beraroma therapy kesukaan kamu, kalo aku sih sukanya yang green tea gitu, kalo kalian suka aroma ketek banci saya harap mending kamu wudhu terus solat dulu biar waras.


Langkah kedua adalah BERES-BERES! Ini penting! Suasana tempat di mana kamu bakal ngerjain tugas-tugas sekolah atau kampus yang banyak dan biadab itu harus nyaman bagai surga. Rapihin dan sapuin dan elapin dan epelin sampe indah dipandang mata dan enak diendus idung. Beres-beresnya yang versi quick aja. Ibarat scanning virus, kita ga perlu klik full scan, cukup quick scan aja.


Langkah ketiga yaituh SIAPIN DAN PUTER PLAYLIST LAGU YANG NGEBEAT! Tips ketiga ini ga berlaku buat kamu yang sukanya ngerjain tugas dalam ketenangan. Ini juga sebenernya ga bikin ribut, cuma sekedar lagu beat, kecuali kamu ngerjain tugasnya di pasar Gerlong sebelah abang-abang tukang ojek yang lagi nyetel mp3 dari albumnya Manis Manja Group atau Ayu Ting Ting. Atau kalo ga lagu ngebeat, sesuaiin aja sama selera kawan-kawan, mau lagu klasik, reggae, atau malah hardcore. Terserah.


Langkah keempat itu JANGAN TERALU MEMFORSIR DIRI! Kan judulnya juga nyicil dan santai, minimal kalo 4 jam itu tugas belum beres juga ya isitirahat dulu. Makan, sholat, nonton tv bentar, main sama kucing, hamster, anjing, kura-kura, ade atau kaka kalian, pacar, mama, papa, bibi, paman, kake, nene, tukang cuangki yang lagi nangkring, terserah kalian maunya apa, itu cuma pilihan, pokonya yang merefresh dan ga ada hubungannya sama tugas. Istirahatnya jangan lama-lama juga kaleeeeeeee. Istirahatnya 2 hari sih sama aja boong dasar sinting.


Langkah kelima KALO ADA ULAR, TURUN! Eh maap, itu tips maen ular tangga, yang bener TUGAS KALIAN ITU BUKAN DISURUH BIKIN STATUS DI SOCIAL NETWORK! Biasa deh kelakuan anak muda jaman sekarang, ngerjain tugas malah curhat di jejaring sosial `ngerjain tugas übersetzung :)´ ´aduh tugasnya masih banyak huft :( ´malming malah ngerjain tugas bejibun ~('___'~) (~'___')~ ´ dan terus begitu selama 5 jam ke depan. Bolehlah buka sekali tapi sebentar juga.


Langkah keenam a da laaaaah KERJAIN DENGAN POSISI TUBUH YANG NYAMAN UNTUK BELAJAR! Menurut saya sih tiduran bukan gaya yang cocok buat belajar walopun nyaman, tapi ga tau juga sih, ini berlaku untuk saya. Pokonya dalam posisi duduk, mau duduk nyender, sila, selonjoran atau duduk ala wc juga boleh, kursinya apa aja juga boleh, kursi direktur, bangku sekolah, bangku kuliahan, bangku tukang baso atau jojodog juga boleh, mejanya juga terserah, ga perlu disebutinlah cape saya ngetiknya. Ngerti anak-anak? *benerin kacamata*


Langkah ketujuh dan mungkin terakhir (karena saya males ngetik lagi) yaitu SEDIAIN AIR PUTIH! Ngepet aja butuh sesajen, masa kita ngga. Sediain air putih dengan ukuran suka-suka. Menurut riset terpercaya dan terbukti juga nyata bahwa kekurangan cairan bikin konsentrasi kita kurang dan kalo kurang itu bikin kita lemot dan  kalo kamu ternyata emang dari lahir udah lemot masa mau tambah lemot gara-gara kurang cairan. Air putih katanya cairan paling baik, tapi terserah kalo mau pake minuman isotonik atau kawan-kawannya. Kalo ingin tambah snack juga boleh deh, asal wajar, kalo snacknya nasi sebakul segera pergi ke dokter jiwa.


Yap! Begitu teman-teman tipsnya, walhasil gara-gara ngelakuin hal-hal itu tugas saya yang niatnya cuma nyicil malah beres deh #bangga. Tapi di luar dari tips-tips di atas, doa yang khusuk juga sangat berperan, bikin proses dan hasil pengerjaan tugas menjadi berkah dan indah.


 Alhamdu! lillaaaaah *gaya ustad maulana*

No comments:

Post a Comment