Sunday 18 December 2011

Elisabeth Brail

Siapa hayo? Dia adalah seorang janda tua asli Belanda yang tinggal di daerah komplek tempat aku tinggal. Wanita ajaib yang suka dipanggil Tante Ucing sama keluarga aku, soalnya dia punya banyaaaaaak banget kucing di rumahnya.


Tadi dia dateng ke rumah, ingin buka email katanya, ada kiriman ucapan natal dari temen-temennya dari Amerika dan tiap warnet yang dia datengin ga ada yang mau ngelayanin dengan bener. Dasar udah tua juga, jadi aja aku tau email + passwordnya haha, tapi aku kan baik *kedip-kedip*. Sambil download semua attachment di emailnya (yang isinya power point christmas dan berlagu), kita berdua ngobrol-ngobrol gitu, jadi cerita soal sejarah Irian Barat yang katanya dulu sama Belanda mau dijadiin tempat tinggal buat semua londo-londo yang ada di Indonesia, tapi orang Indonesia ga setuju dan jadilah londo-londo banyak yang luntang-lantung ke sana kemari. Hmmm melihat sejarah dari sisi kompeninya langsung sensasinya beda deh atau emang akunya yang katro karena baru tau (kemana aja wooooy jaman sekolahan! dan apa gunanya kamu hey arvi punya pacar dari jurusan sejarah tapi kaga tau).


Bisa dibilang dia juga termasuk yang luntang-lantung. Dulu dia punya suami keturunan China, mungkin namanya Richard soalnya sama tetangganya suka dipanggil Bu Ricat dan dulu sih aku takut mau lewat rumahnya aja, makanya aku sama Puput sama Ferdi (sodara aku) manggil dia nenek sihir waktu jaman kecil. Rumahnya entah tipe berapa, masih bentuk asli dari developernya, ga berpagar, catnya kusam dan lantainya bukan dari keramik. Sebenernya ga ada yang mau dateng ke rumahnya, soalnya rumahnya bau banget, campuran antara pesing kucing, pup kucing, lembab dan bau kayu yang udah tua. Isi rumahnya penuh barang-barang klasik yang sebenernya masih bagus, tapi ga terawat aja. Ada TV yang udah ga bisa nyala, tape gede yang udah tua dan tiap pagi keluar suara-suara lagu jadul berbahasa Belanda, Inggris atau Jerman yang enak banget, ada juga tumpukan majalah-majalah tua dan buku-buku tua yang kalo kata aku harta karun banget, soalnya di sana ada buku-buku berbahasa Jerman (aku pernah dikasih majalah Jerman sih sekali). Dan jarang ada orang yang mau dateng ke sana karena bisa muntah saking mualnya.


Oya, tadi aku bilang banyak kucing kan? Yang dimaksud banyak di sini bukan kiasan lo, bener deh banyak. Dia ga punya anak, mungkin gara-gara kena virus tokso, entahlah. Suaminya meninggal kira-kira pas aku SMP deh, dulu kerjaannya nyervisin barang-barang elektronik. Karena udah ga ada pemasukan lagi dari suaminya dan dia udah terlalu tua untuk cari kerja (kira-kira umurnya 70-80), dia selalu dapet kiriman dari pemerintahan Belanda, dari kakaknya di Belanda atau dari temen-temen bulenya dari Amerika dan sekitar benua Eropa, ada juga dari bule-bule yang tinggal di Indonesia. Jangan kira dikasihnya banyak lo, kalo banyak pasti dia ga kaya sekarang. Bajunya selalu bagus tapi sederhana, tapi taukah kalian? Baju itu selalu dijahit sendiri, rapi, manis, dress-dress biasa tapi keliatan cocok banget buat Tante Ucing, biasanya motif bunga-bunga. Balik lagi ke kucing, sekarang dia tinggal sama kucing-kucingnya. Makin banyak kucing yang ada, soalnya orang jadi suka buang kucing ke sana. Dan gara-gara kucinglah keluarga aku deket sama dia, mungkin di komplek ini cuma keluarga aku aja yang bisa sedeket ini sama dia. Tiap lebaran atau mau ke luar kota pasti deh nitip kucing ke sana, dulu Chimeng sambil bawa kandang yang gede (kucing aku jantan dan semua kucing di rumah Tante Ucing rata-rata betina), Chuky juga sempet tapi malah nangis seminggu full dan bikin Tante Ucing darah tinggi :p, sekarang sih ga dibawa ke rumahnya lagi, tapi minta tolong kasih makanan ke halaman rumah aja, soalnya Komeng sama Ijol dikaburin dan Chuky sama Angie dibawa kemanapun.


Tadi aku juga sempet bilang kalo ga ada warnet yang ngelayanin dia dengan bener? Nanti deh  diceritain part 2 hehe. Oh sama soal bahasanya juga ntar aku ceritain, kalo bisa direkam deh kalo ketemu lagi sama Tante Ucing. Juga soal keluarganya yang lain? Yah ini mungkin sekomplek cuma keluarga aku yang tau, dan ingin disimpen ceritanya lewat blog supaya ga hilang :)






Ingin ngepost fotonya, biar ga NO PICT = HOAX gan. Tapi filenya di HDD Eksternal yang sekarang datanya hilang semua gara-gara mati lampu :p. Kalo di recovery dan ntar ada aku post deh :)

No comments:

Post a Comment