Thursday 29 December 2011

Die amatuere Filme

Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni: Sebuah fakultas di Universitas Pendidikan Indonesia yang menurut saya paling keren. Kenapa hayo? ... karena di mana ada acara kampus di situ ada kami yang jadi daya tarik, malah kebanyakan acara kampus FPBS deh yang bikin.


Bahasa dan seni emang sangat tidak bisa dipisahkan, terlalu dempet dengan kehidupan kita sehari-hari. Bayangkan kalo ga ada bahasa dan seni, bumi hanyalah sebiji planet tanpa kehidupan dan perkembangan. Ilmu-ilmu yang lain itu nomer dua, tapi bahasa numero uno amigo. Dari sebagai alat tukar pikiran sampe berkembang biak manusia itu berawal dari bahasa. Emang emak ame babeh agan-agan pohon toge apa, tinggal disebar langsung tumbuh!


Yoman itu dia sekilas soal bahasa, tapi topik yang terpenting dari post ini adalah FILM. Di semester 5 ada mata kuliah Apresiasi Bahasa dan Seni (ABS), mata kuliah asik deh. Mata kuliah yang mengeluarkan bakat-bakat terpendam dan juga mengaktifkan otak kreatif dalem kepala. Biasanya kita bergulat dengan kamus dan tata bahasa Hochdeutsch, sekarang kita dibiarkan berkreasi mengapresiasi apa yang udah kita pelajari selama ini ke dalam sebuah seni pertunjukkan. Biasanya dari tahun ke tahun bentuk pertunjukannya itu semacam teater, tapi sekarang berbeda man! Kita bikin dalam bentuk film! Asik banget, jadi lebih bisa bereksplorasi.


Sebenernya sih ini bukan kali pertama aku bikin film, dulu juga sempet disuruh sama Frau Suz (dosen bule yang gila dan medok). Sebenernya tugasnya sih bikin Rollenspiel, aduh apa ya bahasa Indonesianya, role play gitulah. Tapi kalo ga ingin tampil depan kelas kita boleh bikin film aja ntar ditampilin di kelas, pokonya temanya tentang rasisme. Nah waktu itu aku, ica, tyas ama sekar lebih milih bikin film aja, abis kalo tampil di depan bisa-bisa babar blas gara-gara nervös.


Ceritanya terinspirasi dari buku Kambing Jantannya Raditya Dika, soal tanggapan temen-temennya di Australia tentang tangan kiri orang Indonesia. Baca aja deh biar jelas, lupa juga tuh bab yang mana. Kalo di film yang kita buat sih ceritanya agak dibedain dikit, tapi intinya sama.


Cekibrot aja deh nih: Linke Hand (ini pake bahasa Jerman bro, soalnya aku bukan mahasiswi jurusan bahasa Urdu kalo kaga ngarti coba buka google translate)


Amatir bangetlah ini, baru pertama kali pake Movie Maker. Efeknya primitif, take gambarnya berangle buruk, cutting gambarnya juga acak-acakan. But it isn´t so bad :)


Balik lagi ke ABS, ini dia filmnya: Die Botin (sama pake bahasa Jerman, nyampur dikit ama Inggris)




Tema ABSnya sih Deutsch Lernen (belajar bahasa jerman) dan udah ketebak tiap kelompok bakal bikin cerita yang buat ngejar stipendium (beasiswa) gitu, genrenya yang standar drama dan maknanya juga ya begitu. Makanya aku ngotot harus bikin film horor supaya beda dan kelompok aku masih sama seperti di film yang di atas. Nyamannya sama mereka juga sih, kenapa harus ganti yang laen? Sempet sih bikin naskah (dibikinin Renitta 2011), tapi ga jadi hehehe.Walhasil si gue bikin naskah baru, terinspirasi dari mana ya waktu itu, lupa. Dan jadilah film ini, sempet sedih juga karena film kita sempet diundur tayang, tapi reaksi temen-temen yang nonton bikin bahagia, jadi kein Problem. Pra-premier sempet post juga di tumblr, klik coba ada foto-fotonya juga di sini.


Film-film temen-temen juga walopun genre dan maknanya rata-rata sama, tapi kesan di tiap filmnya beda-beda. Beneran bagus-bagus, ngasih surprise mulu di tiap scenenya. Senenglah pokonya tiap nonton film-film mereka. Kayanya kalo ntar udah jadi emak-emak film-film ini bakal jadi kenang-kenangan paling bikin nangis deh hahay.


Film itu menurut saya: BACKSTAGE. Ya Alloh! Ga bakat deh gue disuruh akting, walopun di film kedua jadi pemeran utama, tapi emang ga dibuat memberi kesan dalem, yang diinget pasti si Tyas ama Ica atau Sekar. Yang menyenangkan dari film adalah proses pembuatannya dan reaksi audience. Di film pertama sama kedua, aku kebagian tugas ngedit film, di film kedua apalagi bikin naskah, direct juga lumayan soalnya yang lebih paham naskahnya si gue. Dan di film kedualah yang paling all out, beneran ingin hasil yang keren. Ya emang keren :)










Banyak temen yang request Die Botin 2: enak aja cape tau!!

2 comments:

  1. Filmnya baguuuuuuus teeeeh
    Waaaa siap-siap taun depan giliran aku yang kuliah ABS hehehe

    ReplyDelete
  2. Bagus yaaaaaaaaaaaaa :D
    Ayo bikin yang lebih keren nanti, terus jangan lupa di share huhuy

    ReplyDelete