Monday 13 December 2010

Techno gegen Klasik

Terinspirasi dari tulisan Raditya Dika di blog detik yang 'Your First Date is His/Her Timeline', jadi mikir, kadang kita tau pasangan kita lagi apa atau sedang dimana dari jejaring sosial. Atau pertama kali ngobrol, beraninya lewat social networks. First impression emang sering didapet dari dunia maya. Di dunia nyata, terlalu malu atau jaim. Bingung deh, kenapa ya orang-orang lebih gampang curhat di twitter atau facebook *termasuk gue*. Padahal secara logika enakan ngobrol atau face to face sama orang yang bisa ngasih solusi dan terpercaya. Curhat di timeline atau newsfeed malah bisa jadi bahan gosip yang ga bener. Ngasih solusi? I don't think so. Keliatannya malah lebih ngasih kesan buruk daripada solusi. Kebanyakan yang kaya gini tuh cewek.

Dari artikel lain saya jadi tau, mungkin cewek-cewek pencurhat dimana saja itu ga punya wadah untuk menampung keluh kesah kehidupan. Atau mungkin udah punya tapi ga cukup atau merasa wadahnya itu wadah semu. You know, seperti menampung padahal tidak. Dengan adanya twitter, facebook atau bahkan friendster, setidaknya mereka ngerasa ada yang ngebaca dan memberikan empati. Karena emang itu yang dibutuhin cewek pada umumnya. Ingin ngasih tau suatu hal, tapi ga ingin langsung, slowly but not realy sure i guess.

Ok balik lagi ke 'Your First Date is His/Her Timeline'. Kalian ngerasa jarang ngedate sama pasangan? Kayanya itu salah besar kalo kalian sangat aktif di dunia permayaan. Ngedate itukan bisa dalam berbagai bentuk dan di dunia mana saja, bahkan dunia lain juga bisa kalo pacar kamu bangsa jin. Yang di sayangkan dari dunia maya adalah jelas-jelas namanya maya, semu. Bukannya lebih indah kalo ketemu langsung, ngeliat satu sama lain, ngeliat gerak-gerik, ngedenger suaranya live, nyentuh. Keren banget ngingetnya. Dunia maya dan persinyalan itu cuma berlaku sementara atau kadang malah bikin tambah kangen atau yang parah ngerasa rame tapi sepi. Rame tapi sepi, itu penyakit anak muda yang saya banyak temuin di jaman ini, so sad.

Teknologi membuat yang jauh mendekat tapi bisa membuat yang dekat menjauh. Tidak selamanya teknologi itu baik. Ya sudah ta'aruf aja (mulai ga nyambung)

3 comments:

  1. soalnya di dunia maya identitas kita semua sama..
    dan kita bisa bebas jadi apa aja yang kita mau..

    ReplyDelete
  2. dan menipu diri sendiri juga bisa kalo menurut saya hehe
    kerenan dimanapun kapanpun menjadi diri sendiri

    ReplyDelete