Friday 25 March 2011

ZIDS

ZIDS (Zertifikat für Indonesische Deutsch-Studenten) adalah sebiji test yang sebulan lebih ini sering banget bikin aku GALAU! ZIDS itu semacam ujian TOEFL tapi pastinya dalam bahasa Jerman bukan bahasa Arab, ujian ini tuh gunanya buat mengukur kemampuan bahasa Jerman tingkat B1 (bahasa jerman ada 6 tingkat, dari yang paling rendah A1-A2, B1-B2, sampe yang tingkat bahasa dewa C1-C2). Ditingkat B1 otak kita udah mulai sering ngebul karena harus bisa menganalisis sesuatu yang pastinya dicurahkan lewat bahasa Jerman bukan bahasa Jepang (garing garing garing).

Ok...test ini bakal diadain 2 hari, dari tanggal 30 sampe 31 Maret. Akhir bulan yang sadis banget! Dengan krisis moneter dan ZIDS, nice. ZIDS ini dibagi ke dalam 5 bagian:

  • Leseverstehen – Pemahaman Bacaan
  • Sprachbaustein - Grammatik
  • Hörverstehen – Pemahaman Mendengarkan
  • Schriftliche Prüfung ´- Ujian Tulis
  • Mündliche Prüfung – Ujian Lisan

Yang kalian liat diatas bukan daftar belanjaan ok! Tapi daftar masa depan. Soalnya ZIDS itu gerbang awal menuju skripsi, jadi kalo ga lulus ZIDS kita ga boleh ikut skripsi a.k.a harus ngulang terus ampe lulus. Terus bisa juga jadi kunci, kunci awal saya buat pergi ke Jerman. Sistem nilai ZIDS itu dimulai dari yang terkeren sehr gut-gut-befriedigens-dan yang paling parah nicht bestanden alias kaga lulus *kejang*. Target saya sih dapet sehr gut, tapi lumayan banyak halangan karena bukannya semakin kempes tapi semakin menggelembung aja itu tugas-tugas, dihantui UTS juga, waw banget!

Terus cara ujiannya juga lucu, kalo kita ga lulus Leseverstehen sama Sprachbaustein, maka si yang diuji ga boleh ngelanjutin ke tes Hörverstehen dan lain-lainnya. Jadi kaya American Idol gitu, kalo kamu ga lulus di audisi kamu ga bisa lanjut ke babak berikutnya, atau kalo kamu ga lulus dibabak selanjutnya berarti kamu ga boleh masuk babak spektakuler. Unik banget dan bikin tambah deg-deg seeer.

Hay kawan-kawan yang sedang baca post ini, please banget doain si gue lulus dan dapet hasil yang memuaskan dan membanggakan, butuh banyak doa dan dukungan nih :) Doain juga supaya otak saya tetep bekerja dengan baik sampe kapanpun, karena jujur akhir-akhir ini ngerasa agak lebih konslet dari biasanya.

Doakan saya yaaaaaaa ^^v *gaya peserta benteng takeshi*

Danke schön




'TIDUR ARVI! TIDUR!'

2 comments:

  1. Hahaha,,, semangggkkkkkkkaaaaa Arvi chan ^^... Ganbatte,,,, Oia, akhirnya mengerti apa itu makhluk ZIDS hehehe... aku share ya di Twitter ^^...

    Kabulkanlah doa anak ini ya Allah Amiiinnn,,,

    ReplyDelete
  2. terima kasih teteh uuhuhu *terharu* ich liebe dich deh :* #kesambet
    YA ALLOH DENGARKAN DOA TEH UCRIT YA ALLOH, DOA SUPAYA DOA SAYA DIKABULIN YA ALLOH... AAMIIN

    ReplyDelete