Saturday 29 December 2012

Pasar Malem Alun-Alun Utara Keraton

Olla amigos! Minggu lalu aku mudik ke kota (numpang) lahir, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Salah satu provinsi di Indonesia yang selalu aku agung-agungkan karena bersihnya, rapinya, tertibnya, makanannya, budayanya, ramah-tamahnya, kecuali PANASNYA! Soal cuaca Bandung udah cetar membahana badai halilintar bumi gonjang-ganjing langit dor dar gelap pokonya. Cita-cita aku adalah liburan ke Yogya bareng temen-temen, mungkin ini bakal dimasukin ke resolusi 2013.

Tahun ini adalah tahun dimana aku sering banget ke Yogya, bisa 2 kali sebulan. But most of them were sad moments. Sering ke sana karena nengok tante yang kritis karena kelainan jantung dari lahir dan ga tertolong, parahnya lagi ga bisa dateng ke pemakamannya karena harus ngurus paspor dan KKN. Selain tante, I lost my best grandma too, (wew jadi mewek), kondisi oma makin drop setelah anaknya meninggal dan ikut menyusul. I know, ini jalan paling baik tapi paling menyakitkan juga buat yang ditinggalkan, setidaknya aku tau sekarang mereka udah ga perlu lagi ngadepin kebohongan dan kejahatan dunia, ga akan kesakitan juga. Semoga mereka beristirahat dalam damai.

Well, cukup deh ya berkeringat air matanya. Yang mau ekeu ceritain di sini adalah liburan minggu lalu. Di hari pertama nyampe, malemnya si gue dan sodara-sodara yang pada gila pergi ke Alun-alun Utara Keraton. Di sana lagi ada pasar malem mba broooooo. Jarang-jarang juga gue udah seumur gini pergi ke pasar malem, kan mana bisa tiap ada pasar malem harus nangis guling-guling biar mama papa ngajak kesono. Pasar Malem ini bukan sembarangan aja digelar kaya tiker, ini buat ngerayain acara adat keraton namanya Sekatenan. Plis! Jangan nanya ini acara apaan! Karena gue ga tau, googling sana! Mandiri ah, maunya disuapin mulu #ngeles

IMG_9173

Otomatis yang namanya pasar malem pasti banyak wahananya dong yaaaa. Wahana pertama yang aku tumpaki adalah KORA-KORA!! Duduk paling belakang bersama sodara-sodara yang tadi aku sebutin pada edan hahaha. Ini pertama kalinya dong naik kora-kora mihihihi kampyung deh. Dulu di Dufan mana sempet karena dateng ke sana gue lagi gejala tifus, sarap emang. Karena aku ini penyuka kegiatan-kegiatan yang memacu adrenalin dan keluar dari zona aman, jadi excited banget pas naek. Sebelum si kora-kora bergoyang, aku udah goyang duluan, so’ banget deh pokonya. Dan pas mulai bergoyang! SUMPAH PARAH! Ayunan pertama pantat aku terlepas dari kursi, sial itu ngeri abis (asli sampe tangan gue keringetan buat nginget lagi). Mas-masnya langsung nyuruh aku pake bahasa isyarat buat pegangan ke tempat yang benar. Aku anak penurut dan berbakti, jadi aku pegangan ke kursi depan. Tapi begonya otak tidak bisa memerintah si kaki! Di tengah-tengah siksaan itu gue sadar kalo kaki gue nyelip di pantat cowo yang duduk di depan gue. Dalam kondisi sedang heboh itu dari ujung rambut ampe ujung kaki, gue gemeteran. AAAAAHHHH GA TAU DEH YA APA YANG MAS-MAS ITU RASAIN!!! Tapi si kaki ga mau lepas dari situ, mana cewenya si cowo itu ngelendot-lendot ke bahunya sambil mewek gara-gara takut. Selamat deh mas ya double problems :p Itu si kora.kora kaga berenti-berenti pula! Ampe gue teriak-teriak LAMAAAA WOOOOY LAMAAAAA! Ternyata sinyal-sinyal cinta ini ketangkep sama mas operator. Berhentilah pelan-pelan dan berakhirlah siksaan neraka dunia itu. Siksaan berikutnya dateng lagi dari sodara-sodara, pas aku ceritain mereka ngakak parah di tengah umum dan mulai ngebully dan berimajinasi liar. Belom lagi tante aku yang bilang pas di sana mukanya pada abstrak semua dan gue dibilang kaya ikan mas koki yang suka mangap-mangap zzzzz.

Lanjut dari situ, kita nyari-nyari wahana berikutnya. Asalnya mau ke rumah hantu, tapi tentu saja tidak. Bisa ngompol ntar wahahaha biar deh ya dianggap cupu. Parah soalnya rumah hantunya pake kemenyan gitu dibakar-bakar di depan gerbangnya. Ntar kalo ada pocong naksir gue kan berabe cong! Abi, member termuda yang ikut dalam rombongan sodara-sodari itu ingin naek bom-bom car. Belilah dia tiket. Eh rezeki emang kaga kemane ye, ada nci-nci gitu yang ngasih tiket 1 lagi. Tebak siapa yang bakal naek bombom car? AKU *tepuktangan* Kita ga bisa langsung naik begitu aja cyin. Kita berebutan rempong abis buat nyarter 1 mobil. Setelah 2 turn baru berhasil itu, pake dorong bapa-bapa dulu lagi. Senengnya maen bom-bom car adalah kita bisa melampiaskan kekesalan, tabrak sono tabrak sini. Hasilnya pas udah selesai banyak lirikan mata ibu-ibu yang menghujam jantungku. Sakit!

IMG_9186

Abis naek bombom car kita naek ombak banyu, itu lo yang kita duduk doang terus wahananya muter-muter. Hebohnya mas-mas yang muterin pada atraksi gelantungan di tiang-tiang penyangganya. Ini wahana paling menyakitkan yang pernah ada. Sakit telinga tau ga sih! Mereka playlistnya dangdut koplo semua dan volumenya bombastis! Beres-beres kelenyengan.

Biar ga kelenyengan harus hunting makanan dong. Maka dibelilah kentang yang bentuknya spiral-spiral gitu sama kerak telor. Serem banget pas beli kerak telor. Serem karena sebelahnya lagi ada dangdutan gitu. Yang nyanyinya parah banget lagi suaranya, bajunya juga uih kaga nahan! Telanjang aja sekalian dah- Begonya ada mas-mas yang nonton bentar terus pergi dan bilang “Pergi yo! Elek men!” (pergi aja yuks! gila jelek mampus cewenya!) Sebagai wanita, aku ikut sedih juga sih.

Tuh kan kalo udah ngetik suka ga kerasa panjang banget. Udeh ah yu mari! Sisa ceritanya cukup normal sih. Anti klimaks banget deh ya -.-"

No comments:

Post a Comment